Langsung ke konten utama

Buku Resep Ibu Saya Jaman Dulu ( 40 tahun yg lalu) tahun 1970 an


Buku Resep ini adalah pegangan ibu saya setiap akan memasak.
 Teringat ceritanya kenapa ibu saya menulis ini. 
Dulu sebagai anak bungsu dari 11 bersaudara ibu saya tidak pernah dan tidak suka memasak hingga ketika menikahpun saat bulan madu yang memasak nasi dan lauk justru bapak saya.
 Hingga suatu saat di Gorontalo yang menjadi tempat lahir saya dan tempat tugas Bapak  yang jauh dari Oma /Nenek , akan mengadakan syukuran baptisan saya yg saat itu masih bayi.., 
dan ibu saya sangat ingin menjamu tamu dgn menyajikan Kueh Sus .
 Kemudian minta tolong  seseorang untuk membuatkan kueh Sus itu dengan memberikan bahan mentahnya. Dan bahan2nya sempat di lihat Oma yg saat itu sedang berkunjung , saat diserahkan kpd pembuat kueh...dan ketika kuehnya datang  Oma bingung krn hasilnya  hanya sebanyak 30 buah saja, Sedangkan bahan yang diserahkan ibu saya banyak sekali, terigunya 1 zak utuh, telurr 1 loyang besar , menteganya beberapa kaleng , akhirnya ibu saya dinasehati oma , dan mulai saat itu mengumpulkan resep-resep ini walaupun prakteknya jarang juga.

Dahulu hingga saya SMP, buku resep ini sangat mulussss.... dan ketika saya mulai menggunakannya barulah.......belang...belang...he..he..he....

 ( saya sangat maklum sekali, sewaktu SMP , ketika pembantu pulang , saya yang suka memasak untuk keluarga , berbeda dgn Ibu saya., saya suka sekali masak.., dan satu saat saya pernah mendengar ibu saya  mengeluh karna betisnya sakit dan minta di pijat..., saya perhatikan selalu begitu setelah  ke dapur walaupun untuk masak nasi saja ...padahal ibu saya sangat aktif sebagai guru, kepala sekolah SD dan organisasi2 , bisa keliling kampung untuk sosialisasi, rapat, pertemuan2 , ibadah , kunjungan orang sakit, orang meninggal dsb. Tapi setelah melakukan segala macam kegiatan tsb, tdk pernah mengeluh sakit kakinya, tapi ketika masak nasi wlwpn cuma 1/2 jam di dapur pasti keluhan itu muncul )  :D

Oh ya...,  jadi ingat sebenarnya masakan yang saya masak pertama kali dengan ide saya sendiri (kls 5) adalah Kelepon Ubi ( dari resep sebuah majalah)........ Dan sulit sekali li untuk memulai krn   meminta ibu , membelikan bahan2nya ,saya cuma dipandang  aneh aja dan nggak dibeli2kan. Sampai suatu saat ketika liburan dirumah  oma, saya rayu untuk membelikan bahan2nya dan dengan senang hati dibelikan oma. Akhirnya dengan perasaan penasaran, puas, senang saya mulai dengan bersihkan singkongnya...tapi ternyata untuk saya anak kls 5 berat sekali memarutnya, jadi hasil parutannya nggak banyak hanya untuk sepersekian dari resepnya. Jadi hasil akhirnya saya ingat cuma 5-10 butir kelopon saja( dimakan sendiri)... dengan dapur oma yang berubah jadi kapal pecah...... dan selanjutnya yang meneruskan resep itu ya...Oma tercinta......sampai bisa dihidangkan....
TERIMA KASIH yang tak terhingga pada alm Oma tercinta  ( Oma Ruth Massie Tuturoong) yang telah mempercayai saya untuk melakukan hal itu, dan menjadi sangat suka memasak dan membangkitkan rasa  percaya diri saya disisi lain.

.

Ayam Paniki ini resep yang dipakai untuk masak masakan khas Manado,  Kita sering di bawain orang dari kampung ..kelelawar buah... . yang belum diolah kecuali sudah dibakar dan dibersihkan bulunya. Menurut ibu saya kelelawar harus diolah dgn isi perutnya, klw tidak justru akan bau.., jadi yang dikeluarkan cuma daerah anusnya dan usus yang dekat saja dgn anus.
Paniki/Kelelawar Buah
#Bat Spicy with Coconut Milk
Kalau tidak ada Paniki, bisa diganti ayam.

 
 

Kueh Lapis/Balapis ini dari buku Mami, tapi yang nulis saya saat  kelas 3-4 SD tahun 1976-1977

He..he.... Judulnya Brot Kenari tapi resepnya Napolitein


Nah..ini baru beneran Brot Kanari ( Bagea) kukis dari Manado yang biasanya di bungkus daun Atap (Katu)   oleh-oleh dari  orang Manado ,  Eehh ada Resep Sultana Ros dan Kacang Kuk yang menjadi salah satu halaman favorit Ibu saya dan kemudian saya ketika mau membuat Kueh2 untuk Natal di masa lalu sebelum buku2 resep yang bagus2 dan cantik2 ada di toko buku. Buku ini menjadi patokan saya selalu kalau ingin membuat kueh2 natal, hingga tahun 1995 an saat saya meninggalkan Manado . Setelah itu rutinitas begadang membuat kueh Natal tidak ada lagi dirumah, mulai saat itu kueh Natal   dipesan atau beli saja.

Apple Pie Cake ,
Melihat halaman ini mengingatkan saya akan perjalanan  kehidupan seseorang yang sangat tragis dan harus menjadi pelajaran bagi kita untuk kehidupan kita.
 Kejadian nyata masa lalu yang mempengaruhi jalan kehidupan kemudian.
 Tulisannya bagus sekali.  Waktu itu saya dan ibu saya yang meminta dia ,katakan saja (almh)TH  menyalin resep ini dari kaleng Blue band. Saat itu saya SMP dan TH berumur kira2 10 tahun diatas saya, menjadi anak kos Ibu saya. Tapi saya memanggil dgn sebutan Om TH krn  penghuni kos yang lain kebanyakan sudah lebih tua ( mahasiswa2 yg sdh kawin dan tugas belajar dari Pemerintah daerah ke APDN di dekat rumah) Om TH ini bukan mhs APDN tapi , teman dari salah satu mhs yang suka saya panggil Om A (yg satu ini juga belum kawin). Mereka datang dari satu daerah di Jawa. Om TH ini lulusan , klw nggak salah sekolah Tari di Jogja. Disini dia berprofesi sbg Guru Tari. Sebenarnya org tua Om TH ini pernah menjabat satu jabatan di Manado sampai pensiun  dan kembali ke Jawa  jadi Om TH ini sdh mengenal Manado. Secara fisik Om TH saya ingat2, termasuk keren.., putih .., tampan.. apalagi bentuk badannya yg atletis . Termasuk pria  idaman menurut saya.  Kami sekeluarga sudah sangat dekat dengan Om TH ini. Sama juga dengan mhs2 lain sih. Semua dianggap keluarga oleh orang tua .Saya juga menganggap mereka kakak2 saya , (berhubung saya anak sulung) Ketika ada kesulitan dalam pelajaran , saya bisa curhat kemereka . Curhat sbg remaja juga rasanya lebih asik dg mereka daripd dg org tua sendiri . Dari sekian mhs2 di kos, Om TH jadi incaran cewek2 krn bujangan tapi saya melihat ada satu cewek yang suka di bawa ke kos-kosa suka  saya panggil dgn Tante B walaupun cewek itu masih muda dan cantik tentunya (demi menghormati Om TH) walaupun setahu saya Om TH sdh punya tunangan di Jawa  Dan mmg cuma Om TH yang suka membawa ceweknya ke kos dari pada "Om2"  yg lain ( krn sdh punya istri anak sih di lain kota). Om TH ini se kamar dg Om A yg biasanya suka saya ganggu dengan soal2 pelajaran dari sekolah. Jadi satu saat, saya lagi belajar tapi kebentur soal... , kepengen nanya kpd Om A  jadi dari atas rumah saya coba lihat ke bawah kekamar Om A& OmTH  dan sptnya penghuni kamarnya sudah pulang dan saya pikir itu Om A, jd tanpa menunggu lama saya turun dan langsung buka pintu dan masuk.....dan .......kageeetttt setengah mati..... .melihat ada adegan yang saat itu sebagai anak remaja belum pernah saya lihat , antara  Om TH danTt B... akhirnya saat itu saya mundur dan keluar pelan2 sambil menutup pintu. Dipikir2 pasti itu kejadian bukan untuk pertama kali.  Saya saat itu bingung sekali.., saya tahu waktu itu ,wlwpn masih anak bau kencur , bhw itu hub yang terlarang untuk org yang belum menikah dan pasti tidak akan menikah krn mereka beda agama,dan Om TH sdh punya tunangan.
Dan disini saya yakin juga klw Om TH adalah " Laki2".
Setelah kejadian itu... yang ada saya hanya diam ......menyimpan kejadian itu sendiri sampai saat ini (20 th kemudian)...
Sampai ketika setelah 15 tahunan tdk ketemu, saya bertemu dg Om A yg sekarang sudah menjadi salah satu Pejabat di salah satu Propinsi di Sulawesi. 
Kita kangen2an dan akhirnya Om A cerita ke saya bhw Om TH sdh meninggal...dengan bisa dikatakan"tragis". 
Meninggal karna HIV..... yang mengagetkan saya bhw "Om TH" meninggal sebagai "Sinta" yang cantik...dan sebatang kara tanpa ada keluarga, waduuhhhh..., lebih tragis lagi ternyata saat dia jadi "Sinta" pernah dicari oleh Om A tapi tdk pernah mau bertemu muka..., hingga satu saat ketika dia sakit Om A mau membantu secara financial dan minta nomor rekeningnya...tapi "Sinta" ini nggak pernah punya rekening.... jadi dia berikan nomor rekening " temannya" yang ternyata tidak pernah menyampaikan uangnya (kabur)   sampai meninggal......HHHHH hiduuppppp...kehidupan.....



Biscuit namanya....!!!!!!...dulu,,,, ...kueh ini paling ku ..benciii.....,krn hanya ini yang suka di buat ibu saya dari pada  kueh lain..katanya paling gampang ...padahal dulu kadang kepengen sekali makan cake, roti  ( toko roti ) belum ada ,  tapi bagi ibu saya itu sulit....dan takut nggak ngembang...krn dulu kan blm ada ragi instan, dan klw buat cake akan bantat krn belum ada VX,TBM dsb 


Sultana Susun  Kueh Natal Favoritku tapi isinya  beda dan Black White Cookies

Taartjes
atau sekarang dikenal dengan 
#Nastar.
kueh wajib setiap hari Natal dirumah dan satu2nya kueh yang membutuhkan ibu saya untuk turun tangan karena dulu bentuk Taartjes ini tidak seperti sekarang, kecil2 dan cukup bentuk kelereng saja atau seperti keranjang , tapi dulu bentuk DAUN dengan penjepit khusus untuk membuat garis2 daun, dan kalau saya tangani , bentuk daunnya akan bermacam2 bentuknya., garisnya gendut2 dan tidak bisa rapih, .tapi kalau mami yang membentuk hasilnya akan seragam, garis2nya halus dan rapih....jadi tugas saya untuk Taartjes atau Nastar ini hanya membuat  Selai dan adonannya.



Membuat Nastar bentuk daun Ini tangan asli milik ibuku...yang punya buku resep .

Membentuk Nastar bentuk daun...

Ada resep Sprits juga tapi ini jarang dibuat, klw punya waktu aja ...

Mine briefes 
 atau  Kukis Amplop , setelah  Taartjes, kukis ini harus ada atas permintaan bapak setiap Natal selain kacang bawang, katanya terasa afdol minum bir ditemani oleh kukis yang satu ini. 
Seingat saya setiap natal dulu minuman yang disajikan kepada tamu2 adalah Bir Bintang atau Bir Angker ( Anchor ???) , FN, Seven Up


Kaastengel  
penyeimbang dari semua yang manis2

  
Kacang Koek
susah susah gampang buatnya supaya pada saat dipanggang tetap kokoh  tidak  melar .....


Cake


 Chocolate Bangket, Minute Koek


He..he..... PENGETAHUAN RESEP... , catatan PKK? DHARMA WANITA? dulu?







Bolu Kukus


Cake Pelangi


Sambal Bajak & Opor daging

 

Sambal goreng tempe & Sambal goreng hati

Sambal goreng telur

Chocolate Pie

Chocolate Puding, Hopjes Puding/Karamel Puding


Cornet Beef


DUITSCHE TAART, SANGHLI, GELEI/SELAI BUAH PALA

 Easy Chocolate Cake


Fla Saus Puding

Fla Tjoklat.....ejaan bahasa Indonesia  ...."C" masih "Tj" ejaan lama.....
  
Gado Gado

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kliping Resep ku

  Yang bisa di scan... klipping sejak tahun 80an. Kebanyakan dari Majalah Femina.., MASAK DALAM SEKEJAP 1. Batang Keju 1 2. Bistik Lidah 3.Kueh Stawberry Mungil 4.Muffin jagung Manis  5. Pai Kurma Legit RAHASIA RATU DAPUR FEMINA 1.Dadar Apel Deluxe 2.Daging saus jamur 3. Cap Cai saos kepiting 4. Caramel Chocolate Nuts  5. Cendol tepung beras 6. Biscuit Mahkota Coklat  7. Buntil Ikan Teri 8. Batang Keju 2 9.. Kimlo  10. Kueh Moci 11.Mangkuk isi ayam jamur  12. Mousse Caramel 13. Nasi Tim ayam  14. Pastel Sayuran Tanpa daging  15. Pepes Ikan Emas  16. Sop Tomat   17. Daging Goreng Saus Udang  18. Selada Marinara 19. SERI BELAJAR MASAK 1.Kangkung Hot Plate 2. RESEP FAVORIT ANDA 1.Bebek Bumbu Pedas   2. Kueh Mangkok Ubi  3.Puding Bolu kering  4.Puding Carna  5.Tomat isi ikan

MANADO CULINARY WITH RECIPE ,TUTORIAL OR PICTURE

BUBUR MANADO ( TINUTUAN) https://youtu.be/HxSPqsXQ9io http://selera-ku-orang-manado.blogspot.co.id/2015/10/manado-vegetable-porridge-bubur-manado.html https://youtu.be/HxSPqsXQ9io Bahan: Daun kangkung Daun bayam Daun Gedi Ujung daun labu Jagung muda singkong labu parang Beras Daun Kemangi Daun kunyit sereh pandan daun bawang Caranya Beras direbus menjadi bubur bersama sereh, daun pandan, daun kunyit , setelsh itu  masukan jagung muda yg telah disisir, singkong, labu parang yg sudah dikupas dan dipotong2. biarkan sampai matang sambil diaduk . setelah semua lembut masukan garam , berturut2  daun gedi, daun labu, daun bayam, daun kangkung, daun kemangi, daun bawang. aduk lalu disjikan panas dg Dabu/sambal roa atau Dabu2 Bakasang. BAKASANG http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0023643895916067 http://sakurafish.blogspot.com/2011/04/pengolahan-bakasang-telur-cakalang.html bakasang dalam proses : Bakasang yang telah jadi sebelumnya di j